Warga Sulawesi Memproduksi Minyak Goreng Sendiri

Selasa, 15 Maret 2022

Warga Desa Toli-Toli, Sulawesi Tenggara (Sultra) bernama Agusalim (35) tak begitu terpengaruh dengan kelangkaan dan harga minyak goreng yang tinggi. Ini karena Agusalim memproduksi minyak goreng sendiri dalam beberapa pekan terakhir karena tidak ingin mengantri.

Sekali membuat, Ilgan (sapaan Agusalim) membutuhkan waktu setengah hari hingga minyak goreng bisa digunakan. Bahkan, Ilgan mengaku membuat minyak sendiri bisa menghasilkan uang.

Agusalim mengungkapkan minyak goreng buatan sendiri tidak kalah dengan minyak goreng premium yang dijual di pasar-pasar hingga toko ritail. Kualitas minykanya juga boleh diadu. “Hasil minyak goreng buatan sendiri itu bagus dan masih alami,” ujarnya.

Orang tua terdahulu sudah mengajarkan untuk memproduksi minyak goreng sendiri. Sehingga masyarakat tidak perlu panik dalam menghadapi kelangkaan ini. “Dulu itu minyak goreng mau beli dimana kalau tidak buat sendiri,” ujar Ilgan.

Ilgan menuturkan awal membuat minyak goreng memang sulit. Sudah lama tidak membuatnya membuat gerakan dan tangan cukup kaku. Tapi, jika sudah terbiasa nanti akan mudah. “Awal-awal cukup susah dan lambat, tapi setelah beberapa kali buat akhirnya sudah bisa cepat dan mudah,” katanya.

Ilgan menjelaskan membuat minyak goreng untuk kebutuhan rumah tangga terbilang cukup murah dan singkat. Rata-rata jika ingin menghasilkan minyak goreng untuk 5 liter, dibutuhkan kelapa sebanyak 20 biji.

Selain kelapa, dibutuhkan juga beberapa peralatan pendukung seperti wajan, kayu bakar hingga parutan listrik. Kayu bakar digunakan untuk memasak minyak menggunakan api. “Sebetulnya, bisa saja pakai kompor gas, tapi biayanya mahal, gasnya saja sudah mahal. Ini kan cari murah dan efisien, jadi pakai api dudukan abtu,” kata Ilgan.

Membuat minyak goreng sendiri adalah hal yang sangat-sangat bagus dan bisa dijadikan inspirasi bagi masyarakat sekitar agar tidak terlalu panik dengan kelangkaan minyak goreng ini. Mengetahui informasi ini sangatlah menarik untuk diikuti lebih jauh. Namun, ada juga hal menarik lainnya yaitu bermain slot. Permainan slot hanyalah untuk mencari kesenangan sahaja dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.