Terpaksa Mengisi Bensin Eceran Saat Sedang Ngabuburit, Berikut Ini Adalah Cara yang Membedakan Bensin Oplosan atau Bukan

Senin, 4 April 2022

Saat sedang ngabuburit menunggu waktu berbuka menggunakan sepeda motor, ada kalanya SPBU penuh dan mengantre panjang sehingga terpaksa untuk membeli bensin eceran. Hal tersebut, tentu saja sangat beresiko, karena mungkin saja ada oknum nakal yang mencampuri isi bensin dengan air atau bahan lainnya.

Bensin oplosan, tentu saja dapat merusak komponen mesin dan membuat performa kendaraan menjadi rusak dan bermasalah. Dilansir dari laman Federal oil, ada cara mudah untuk mengetahui bensin yang mana dijual eceran dicampur atau tidak.

Jari tangan bisa dijadikan sebagai media untuk menguji sebuah bensin. Carannya cukup sederhana, hanya perlu memasukan bagian tubuh kalian tersebut ke dalam bensin yang dijual. Tunggu beberapa detik dan amati bagaimana penguapan yang akan terjadi pada bahan bakar itu di jarimu.

Jika mendapati bensin cepat hilang atau mengering, maka hal tersebut adalah tanda kalau bahan bakar tersebut bensin murni. Apabila sebaliknya, beberapa detik tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, maka itu adalah suatu indikator kalian mendapatkan bensin oplosan.

Mungkin percobaan ini terlihat absurd, namun perlu kalian ketahui bensin merupakan benda yang sangat cepat menguap. Maka dari itu, tempat penyimpannya di motormu dibuat tertutup rapat dan kedap udara. Cara lain yang juga bisa digunakan untuk menguji hal ini adalah dengan menggunakan media koran.

Penggunaan koran untuk mengetahui mana bensin oplosan dan murni adalah dengan melihat tulisan yang ada di koran tersebut bisa dibaca atau tidak. Maksudnya, ketika bensin telah dicampur, akan menjadikan sebuah tulisan luntur di koran.

Pasalnya, kebanyakan pengoplos menggunakan minyak tanah sebagai bahan campuran. Dan tinta di koran tidak tahan dengan adanya bahan tersebut. Sedangkan ketika masih bisa dibaca, maka hal tersebut adalah tanda bahan bakar itu murni.

Dengan adanya bensin oplosan, maka kamu perlu berhati-hati dengan mengecek bensin jika kamu membeli bensin eceran yang ada di warung-warung. Karena jika motor rusak, kamu tidak bisa menikmati waktu ngabuburit yang menyenangkan bersama rekan-rekan. Namun, ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu permainan slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.