Risiko Tidur Dengan Keadaan Televisi Menyala

Selasa, 12 Juli 2022

Beberapa orang tidak bisa tidur dengan lampu yang menyala terang dan suara yang berisik, tapi beberapa orang lagi menghidupkan televisi beberapa menit sebelum waktu tidur dan berhasil ketiduran hingga pulas di depan televisi yang masih menyala. Ketiduran di depan televisi kerap dialami oleh banyak orang, baik pria ataupun wanita, tua maupun muda.

Melansir Lifehacker, suara televisi memang bisa menjadi lagu nina bobok, atau lagu pengantar tidur. Tapi, ada pula sisi minus dari ketiduran di depan televisi. Mengutip dari Healthline, ada beberapa risiko ketika kamu memutuskan untuk tidur di depan televisi. Risiko tersebut adalah.

Memiliki Kualitas Tidur yang Buruk

Dewasa pada umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 8 jam setiap malam. Ketika kurang dari hal itu, maka tubuh akan mengalami hutang tidur. Hutang tidur ini akan terakumulasi hari demi hari dan mengancam kesehatan tubuh kamu, memicu kelelahan juga menurunkan tingkat fokus.

Salah satu faktor yang bisa menurunkan kualitas tidur dan memicu hutang tidur adalah tidur di depan televisi, di mana kamu bisa sangat mudah terbangun hanya gara-gara suara dialog film yang terlalu kencang atau iklan.

Memicu Obesitas

Sinar biru dari layar televisi akan mengganggu kualitas tidur kamu. Dan kualitas tidur yang rendah akan memicu berbagai macam gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, kenaikan tekanan darah, dan kehilangan memori.

Dalam studi pada tahun 2019 lalu ditemukan fakta bahwa sinar cahaya buatan seperti cahaya televisi bisa memicu obesitas, terlepas dari sinar tersebut mengganggu kualitas tidur ataukah tidak.

Menstimulasi Otak

Menonton film bisa menstimulasi otak, membuat otak akan terus menerus bekerja. Dan otak yang terus bekerja akan menjauhkan diri kita dari rasa kantuk. Efeknya, kualitas tidur pun akan semakin berkurang.

Itulah beberapa risiko ketika kamu sedang tidur dengan kondisi televisi yang sedang menyala. Mengetahui risiko tersebut mungkin terasa menyenangkan untukmu karena akan kamu antisipasi, tapi ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.