Pemerintah Indonesia Kawal Pengajuan Reog Ponorogo Sebagai Salah Satu Warisan Budaya ke UNESCO

Senin, 11 April 2022

Beberapa hari lalu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Pak Muhadjir Effendy mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendukung Reog Ponorogo menjadi Warisan Budaya Tak Benda di UNESCO. Yang mengejutkan lagi, Muhadjir mengatakan kalau Malaysia juga berencana untuk mengajukan hal yang sama ke UNESCO.

Bagi Muhadjir, mengklaim suatu budaya sebetulnya tidak salah dan masing-masing negara boleh mengajukan. Meski begitu, Muhadjir menegaskan bahwa kesenian Reog memiliki bukti sejarah dan tradisi yang sudah lengket di Indonesia.

Hal itu juga sebagai bukti nyata bahwa Reog adalah seni yang berasal dari wilayah Ponorogo, Jawa Timur.  Untuk itu, Kantor Staf Presiden (KSP) akan mengawal proses pengajuan kesenian Reog Ponorogo ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang dimiliki oleh Indonesia.

Untuk memperjuangkan dan memastikan Reog Ponorogo menjadi WBTB yang diakui oleh UNESCO, hal ini merupakan manifestasi dalam memperteguh jati diri bangsa dan bentuk pelestarian budaya. Hal itu dilindungi oleh Undang-Undang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Sementara itu, menurut Khofifah (Gubernur Jawa Timur), hal ini menjadi sebuah pertaruhan bagi pemerintah Indonesia dan Jawa Timur, khususnya bagi Bupati Ponorogo. Dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang bisa memberikan penguatan kepada UNESCO bahwa Reog memang adalah Warisan Budaya Tak Benda yang berasal dari Ponorogo.

Khofifah kembali meminta kepada pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk segera melengkapi dokumen tentang sejarah warisan budaya Reog Ponorogo kepada UNESCO.

Sesuai arahan Gubernur Khofifah, pihaknya secara intensif melakukan koordinasi dengan Bupati Ponorogo, yaitu Giri Sancoko untuk mencoba menerjemahkan beberapa persyaratan yang oleh Kemendikbud dipersyaratkan dalam rangka pemenuhan pengajuan ke UNESCO.

Reog merupakan salah satu peninggalan budaya kita, jika hal ini di klaim oleh bangsa lain maka identitas diri kita lama-kelamaan akan habis. Bisa memiliki banyak sejarah dan budaya memanglah menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika kamu menang itu hanyalah bonus dari suatu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.