Mengenal Sosok Gus Dur, Inilah Rekomendasi Buku Gus Dur yang Cukup Menarik Untuk Kamu Baca

Senin, 25 April 2022

Selain sebagai Presiden RI ke-4, Gus Dur juga dikenal dengan sosok yang sangat mampu menginspirasi banyak orang dari berbagai kalangan. Bahkan sejak kepergiannya pada 2009 lalu, Gus Dur masih menjadi salah satu tokoh yang dikagumi berkat jasa dan pemikirannya yang sangat cerdas dan tentunya berhasil menyentuh hati banyak orang.

Di balik itu semua, Gus Dur juga merupakan seorang tokoh pemikir yang tindakannya sering sekali disalahpahami oleh beberapa kalangan. Untuk mengenal dan mengenang sosok Gus Dur lebih jauh, mari kita baca beberapa bukunya berikut ini.

Biografi Gus Dur

Gus Dur lahir di Jombang pada tanggal 4 Agustus 1940. Ayah Gus Dur adalah KH. Wahid Hasyim dan kakeknya adalah KH. Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri salah satu organisasi massa Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU), sekaligus pendiri Pesantren Tebu Ireng, Jombang.

Ketika membaca buku ini, kamu bisa sedikit demi sedikit mengetahui bagaimana isi pikiran Gus Dur dan akhirnya memahami mengapa alasan terbesar yang membuatnya pantas dijadikan sebagai tokoh panutan yang sangat dihormati masyarakat.

Gus Dur Manusia Multidimensional

Kalau kamu ingin mengetahui seperti apa sosok Gus Dur di mata banyak orang, kamu bisa menjadikan buku ini sebagai salah satu referensi bacaanmu. Membicarakan Gus Dur memang tak akan pernah ada habisnya, entah itu tentang keunikannya, kontroversi nya, atau juga keberaniannya yang sebenarnya masih bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi para generasi muda.

Lewat buku ini, kamu akan menemukan berbagai macam tulisan yang berisi tentang penilaian, pendapat, dan opini tentang sosok Gus Dur dari kacamata wartawan, kolumnis, tokoh masyarakat, dan para ilmuwan.

Bapak Tionghoa Nusantara

Buku ini akan membahas lebih jauh bagaimana kisah Gus Dur dalam membela sebuah kelompok minoritas di Indonesia, khususnya para etnis Tionghoa yang sempat mendapatkan diskriminasi pada era Orde Baru. Selain membahas mengenai Gus Dur dan perannya dalam membantu etnis Tionghoa, buku ini juga akan menunjukkan bagaimana cara-cara yang tepat dalam bertoleransi sehingga masyarakat bisa hidup dengan damai dalam perbedaan.

Membaca buku untuk menambah pengetahuan adalah hal yang sangat bagus. Membaca buku yang kita sukai adalah hal yang cukup menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot rasanya pasti menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.