Krumpyung, Alat Musik Khas Kulon Progo Mirip Dengan Gamelan

Jum’at, 25 Maret 2022

Selain pemandangan yang indah, Kulon Progo juga memiliki kekhasan alat musiknya yang tradisional. Namanya adalah Krumpyung yang wujudnya menyerupai gamelan. Bedanya, gamelan terbuat dari tembaga, sedangkan Krumpyung terbuat dari bambu. Krumpyung biasanya digunakan untuk mengiringi lagu langgam Jawa, campursari, dan uyon-uyon.

Krumpyung pertama kali diciptakan oleh Sumitra, warga Dusun Tegiri, Kokap, Kulon Progo, tahun 1973. Sumitra membuat Krumpyung karena mendengar rengekan seorang anak yang berusia 9 tahun yang meminta sang ayah untuk dibelikan sebuah gamelan.

Karena keterbatasan bahan baku, Sumitra memutuskan untuk membuat alat musik yang menyerupai gamelan bambu. Kemudian Sumitra memulai membuatkan alat musik untuk anak pertamanya, Witra Purbadi.

Setelah jadi, alat musik itu diberi nama Krumpyung. Nama Krumpyung berasal dari bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tersebut. Alat musik Krumpyung memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh gamelan karena bahan dasarnya berbeda, sehingga bunyi yang dihasilkan juga berbeda walaupun nadanya sama.

Pembuatan Krumpyung membutuhkan jenis bambu khusus. Tujuannya adalah untuk dapat menghasilkan bunyi yang bagus. Biasanya, jenis bambu yang digunakan untuk pembuatan Krumpyung adalah bambu hitam, bambu apus, atau bambu wulung.

Waktu penebangan bambu yang akan digunakan hanya dapat dilakukan pada bulan tertentu saja, yaitu Mei, Juni, Juli. Setelah bambu diperoleh, butuh waktu dua tahun pengeringan untuk bisa memastikan apakan bambu itu memiliki kualitas yang bagus untuk dijadikan sebuah alat musik atau tidak.

Apabila bambu masih kuat dan tidak mengalami pelapukan, maka bambu itu siap dijadikan untuk alat musik Krumpyung. Setelah itu, proses pembuatan Krumpyung membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Panjang bilah bambu yang digunakan harus presisi agar menghasilkan nada yang tepat dan bagus.

Memiliki alat musik dari daerah sendiri pastinya akan membuat masyarakat senang dengan sendirinya. Namun, ada juga kesenangan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot hanya untuk mencari kesenangan saja dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.