Fenomena Ini Hanya Terjadi 100 Tahun Sekali, Beberapa Planet Sejajar

Selasa, 26 April 2022

Sebuah unggahan menampilkan beberapa foto titik-titik cahaya yang merupakan planet beserta bulan tampak sejajar pada tanggal 24 April 2022, viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun @langitselatan.

Warganet pun bertanya apakah fenomena tersebut terjadi setiap 100 tahun sekali atau tidak. Banyak juga dari warganet yang membagikan hasil foto tersebut. Unggahan tersebut mandapatkan like lebih dari 66.700 kali, dibagikan ulang lebih dari 15.900 kali, dan dikomentari sebanyak 900 kali bahkan lebih.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang mengungkapkan bahwa planet sejajar atau konjungsi kuintet yang berikutnya mungkin akan terjadi pada tanggal 13 Juni 2118, bertepatan dengan 23 Syawal 1542 H.

Fenomena konjungsi kuintet yang terjadi pada 10 hari terakhir bulan Suci Ramadhan 1443 H, sehingga bertepatan dengan hari mudiknya masyarakat Indonesia. Konjungsi Kuintet adalah 5 benda langit yang tampak terlihat segaris sekaligus terdiri atas Saturnus, Mars, Venus, Jupiter, dan Bulan. Fenomena ini dapat disaksikan sampai tanggal 29 April 2022.

Dalam gerak rotasi, ada yang namanya sudut fase, yaitu sudut yang diukur dari acuan ke benda di sepanjang bidang edar. Untuk konteks mekanika benda langit, acuannya adalah bintang tetap (para astronom biasanya menggunakan vernal ekuinoks).

Ketika sudut fasenya berbeda 180 derajat, maka akan terjadi suatu oposisi. Lalu ketika sudut fasenya berbeda 90 derajat, maka akan terjadi square/kuadratur/perbani/dikotomi, Keempat istilah ini memiliki makna yang sama.

Para astronomi tidak mengaitkan kelima aspek ini dengan peristiwa-peristiwa di bumi, berbeda hal dengan astrologi.

Bisa melihat benda langit secara visual yang berjajar merupakan hal yang sangat indah dan ketika menyaksikannya pasti sangat menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain game slot. Bermain game slot memang menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.