Cyber Crime, Pengertian dan Jenis Kejahatannya

Jum’at, 8 April 2022

Istilah Cyber Crime belakangan ini sering terdengar seiring dengan perkembangan dunia digital. Cyber Crime atau kejahatan di dunia maya sendiri merupakan salah satu dampak negatif dari adanya fasilitas internet sebagai platform yang saat ini banyak digunakan.

Apa itu Cyber Crime? Menurut Organization of European Community Development (OECD) Cyber Crime adalah bentuk akses ilegal terhadap suatu transmisi data. Itu artinya, semua bentuk kegiatan yang tidak sah dalam suatu sistem komputer termasuk dalam suatu tindak kejahatan dunia maya.

Secara umum, pengertian cyber crime sendiri memang biasa diartikan sebagai tindak kejahatan dalam dunia maya yang memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan internet sebagai sasaran. Seperti apa yang telah disebutkan, tindakan cyber crime ini muncul seiring dengan kian gencarnya teknologi digital, komunikasi dan informasi yang semakin berkembang hingga saat ini.

Berikut ini merupakan contoh kasus cyber crime yang terjadi di Indonesia ataupun di dunia.

Memalsukan Akun Facebook, Twitter ataupun Sosial Media Seseorang

Salah satu contoh kejahatan cyber crime yang paling sering terjadi adalah pengkloningan akun facebook, twitter ataupun social media milik seseorang. Tindakan ini marak terjadi kepada para public figur atau tokoh terkenal yang memiliki banyak pengikut (followers).

Dengan banyaknya atensi yang diterima oleh akun kloningan, pemalsu biasanya akan semakin cepat untuk mendapatkan korban. Cyber crime model ini biasanya meminta sejumlah uang dengan cara mentransfer ke rekening tertentu. Jadi, jangan mudah percaya jika kamu dihubungi seseorang yang mengaku sedang membutuhkan bantuan.

Fenomena Ransomware WannaCry

Beberapa tahun lalu jagat digital sempat diramaikan dengan kemunculan virus komputer yang bernama Ransomware WannaCry yang mampu mengunci data komputer seseorang. Untuk bisa membuka dan mengakses data tersebut syarat yang harus kamu lakukan adalah membawar sejumlah uang tebusan melalui wallet Bitcoin.

Catfishing di Dating App dan Sosial Media

Bedanya dengan cloning akun yaitu, Catfishing menggunakan foto orang lain namun identitasnya merupakan identitas palsu. Ini biasanya bisa kamu temukan dalam aplikasi Dating Apps atau di Media Sosial lainnya.

Nah, tujuan dari catfishing ini adalah untuk menipu. Kerugian yang ditimbulkan bisa mulai dari kerugian psikologis hingga kerugian materi.

Berhati-hatilah jika kamu senang berselancar di Internet, karena masih banyak kejahatan lainnya di dunia maya. Sangat tidak menyenangkan jika kamu terkena imbas dari cyber crime, namun adapun hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika kamu menang itu hanyalah sebuah bonus dari suatu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.