Banjir dan Tanah Longsor di Balikpapan

Jum’at, 18 Maret 2022

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa dampak bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah kecamatan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) yang terjadi pada hari Rabu (16/7/2022).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan bahwa pantauan BPBD setempat menginformasikan, bahwa banjir sudah mulai surut pada hari Kamis sore (17/3/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan menyebutkan tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat dua bencana tersebut,” ujar Abdul Muhari dalam keterangan tertulis pada hari Jumat (18/3/2022) pagi.

Dia merinci bahwa peristiwa banjir pada pukul 03.00 waktu setempat itu berdampak pada 2.837 KK atau sekitar 9.194 jiwa, sedangkan tanah longsor menimpa 31 KK atau sekitar 101 jiwa.

“Peristiwa tanah longsor yang terjadi dipicu oleh hujan lebat dan kondisi tanah yang labil berdampak pada rumah sekitar 31 unit,” ucap Abdul Muhari.

Namun, BPBD Kota Balikpapan tidak merinci kondisi rumah-rumah yang terdampak bencana alam tanah longsor tersebut, sedangkan untuk banjir ada sekitar 2.806 unit rumah warga terdampak dan sekolah 2 unit telah terendam.

Muhari menambahkan bahwa BPBD Kota Balikpapan yang dibantu oleh TNI, Polri, Basarnas, unsur pemerintah daerah, hingga sukarelawan membantu pendistribusian makanan ataupun bantuan logistik saat banjir masih merendam wilayah yang terdampak.

“Para personel pun ikut terjun dan dengan dilengkapi perahu karet dan berjaga-jaga apabila warga membutuhkan bantuan segera,” ucap Abdul Muhari.

Meskipun banjir telah surut, BNPB menghimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap siaga dan waspada terhadap potensi banjir susulan. Mendengar bahwa saudara kita terkena musibah memang sangatlah menyedihkan tidak ada hal yang menyenangkan jika terjadi bencana alam. Namun adapun hal yang menyenangkan adalah bermain slot. Permainan slot hanya untuk kesenangan saja dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.