Amankah Mengonsumsi Sisa Kopi Pagi di Sore Hari?

Kamis, 30 Juni 2022

Terkadang kopi pagi masih belum tandas karena kita harus bergerak cepat menuju ke kantor. Dan di sore hari, kopi itu masih terhidang menantang di atas meja makan atau di kulkas. Beberapa orang memilih untuk menghabiskannya. Tapi, beberapa orang lagi memilih untuk membuat seduhan kopi yang baru dan membuang sisa kopinya yang diseduh di pagi hari.

Amankah mengonsumsi kopi sisa sedari pagi, atau justru sisa dari malam hari? Jawaban yang ada ternyata tidak sederhana. Karena menilai aman dan tidak amannya, tergantung dari banyak faktor. Seperti faktor bagaimana cara penyeduhan dan penyimpanannya, dan tambahan pangan apa saja yang sudah dimasukkan ke dalam kopi.

Pada dasarnya tidak ada bahaya yang serius ketika kita mengonsumsi sisa kopi seduhan berjam-jam yang lalu. Ketika bubuk kopi terkena air panas, kopi akan segera mengeluarkan aroma, minyak dan zat asamnya untuk larut di dalam air panas tersebut.

Nah ketika kamu meninggalkan air dan ampas kopi menyatu terlalu lama, maka akan ada reaksi hidrogen dan oksigen yang bisa meningkatkan kadar pH dalam kopimu. Proses ini bisa membuat kopi terasa lebih pahit dibandingkan dengan pertama kali kopi terkena air panas.

Selain itu, kadar asam yang terkandung di dalam kopi juga biasanya menjadi jauh lebih kuat, sehingga tak aman untuk kamu yang memiliki asam lambung. Jadi jika kamu tak mampu menghabiskan kopi pagi dan ingin menyesapnya kembali di sore hari, pisahkan kopi dari ampasnya dan simpan larutan kopi di dalam termos atau thumbler.

Dengan begini, citarasa kopi akan tetap stabil meski sudah terseduh berjam-jam lamanya. Ketika muncul pertanyaan apakah sisa kopi aman untuk dikonsumsi, kita juga perlu menelisik zat tambahan apa saja yang sudah dicampurkan ke dalam kopi.

Melansir dari Bustle, jika kamu sudah menambahkan susu ke dalam kopi, maka kopi tidak bisa tahan lama dan tak aman dikonsumsi di sore harinya. Karena menurut penelitian, mengonsumsi susu yang sudah berada di dalam suhu ruang lebih dari 2 jam bisa sangat membahayakan saluran cerna.

Mengetahui berita seperti ini mungkin menyenangkan untukmu karena menambah wawasan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.